Macam-Macam Operating System (OS)

Pada era Digital saat ini hampir semua orang menggunakan teknologi, khususnya komputer dan HP untuk berkomunikasi, berinteraksi dengan sesama dan untuk bekerja.
Komputer dan HP merupakan perangkat yang selalu mendampingi kegiatan masnusia beraktifitas setiap harinya.
sebagai barang elektronika / Mesin, komputer maupun HP membutuhkan perangkat lunak / software untuk menjalankan fungsi2 peragkat tersebut. Nah, software itu disebut dengan sistem operasi atau Operating System (OS).
ada banyak sekali operating system yang digunakan saat ini. mari kita tinjau satu persatu....
Sistem Operasi untuk komputer :
1.UNIX
 
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux.
2.DOS (Disk Operating System)
 
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
3. Novell Operating Sistem
 Dibuat oleh Novell Corporation. Sistem operasi yang dulu pernaha digunakan oleh Fakultas MIPA UGM untuk Entry Key-In KRS mahasiswa.
4. Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.
5. Apple Machintos (Mac OS)
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.
6. Linux

Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain

Sistem Operasi untuk handphone:
1. Symbian
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9
2. Microsoft Windows Mobile

Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.
3. Palm OS

Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.
4. Android
Sistem operasi untuk handphone yang akan diluncurkan Google. Android berbasis Linux sehingga termasuk open source.
5. Java

Sistem Operasi yang paling banyak digunakan untuk HP karena java lebih mudah dan dapat berjalan di segala macam platform atau mesin.

Nah, dari berbagai macam OS yang sudah sedikit saya jabarkan, mana yang anda pilih. jangan lupa lihat kantong dulu y sebelum membeli mesin yang dapat dipasang OS tersebut.

Bila ada yang ingin menambahkan silahkan....
Terima kasih.
Diambil dari berbagai sumber.



Posting Komentar

0 Komentar